Raih Sukses dengan Belajar di Inggris

Written by on November 29, 2012 in News - No comments

Selain Perancis dan Jerman, Inggris ternyata juga menjadi pilihan bagi para siswa dan mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi baik jenjang sarjana atau master. Pasalnya, kualitas pendidikan di Inggris juga bersaing dengan negara-negara Eropa lainnya. Perwakilan dari British Council, Israr Ardiansyah, mengatakan bahwa pendidikan di Inggris memang tidak kalah dengan negara-negara Eropa lainnya. Ia juga meminta agar para siswa dan mahasiswa tidak khawatir dengan biaya pendidikannya.

“Untuk biaya pendidikan jangan khawatir. Jika memang memiliki rekam akademik bagus jangan ragu,” ujar Israr di 4th European Higher Education Fair (EHEF) di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta.

“Ada universitas yang akan menawarkan 50 persen biaya pendidikan bahkan ada yang 100 persen,” jelas Israr. Selanjutnya, ia menuturkan keunggulan menyelesaikan studi di Inggris bertumpu pada banyaknya ahli yang mengajar di universitas-universitas yang ada di sana. Selain itu, suasana belajar juga lebih akrab karena kelas untuk satu mata kuliah biasanya hanya dibuka untuk sedikit mahasiswa.

“Kelasnya kecil dan tidak banyak mahasiswa sehingga waktu untuk berdiskusi lebih mendalam itu terbuka lebar,” ungkap Israr. Ia juga menjelaskan bahwa untuk meraih gelar sarjana maupun master di Inggris bukan hal yang sulit selama para mahasiswa ini mau disiplin dalam mengerjakan tugas yang diberikan dan mengumpulkan tepat waktu yang telah ditentukan.

“Sebenarnya sama saja dengan di sini. Tapi kalau sampai ketahuan nyontek apalagi plagiat, itu sanksinya bisa nggak lulus,” tuturnya. Terakhir, ia menjelaskan bahwa sudah banyak lulusan dari Inggris yang berasal dari Indonesia berhasil meraih sukses. Sebut saja sineas Riri Riza yang ternyata merupakan salah satu lulusan berprestasi dari Royal Holloway University of London. Kemudian ada juga Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa yang merupakan lulusan University of London untuk gelar sarjana dan Cambridge University untuk gelar master.

Sumber : Kompas.com dan Redaksi

Leave a Comment